menu melayang

Kamis, 05 Maret 2015

Kisah Andre Surya, Sang Animator Transformer 3D Asal Indonesia

andre surya transformer 3D
sumber gambar: di sini

Sobat-sobat netizen di manapun kalian berada, apakah sobat kenal dengan Andre Surya? 

Mungkin sobat-sobat sudah sering menonton film Hollywood dengan animasi dan effect yang luar biasa seperti Transformer 3D. Nah, pemuda yang satu ini adalah salah satu animator dalam project film tersebut. Penasaran dengan ceritanya? Yuk kita simak Kisah Andre Surya, sang animator Transformer 3D asal Indonesia.

Berawal dari sebuah passion, pemuda kelahiran Jakarta pada tahun 1984 ini mulai menekuni bidang yang teramat dicintainya semenjak SMA. Bidang yang dicintainya itu adalah animasi dan juga game. Setelah lulus SMA, Andre kemudian melanjutkan kuliah di Kanada dengan jurusan Film and Special Effects di Vanarts, sebuah sekolah film di Vancouver Kanada.

Setelah lulus kuliah di sana, Andre kemudian melamar kerja di Lucasfilm Amerika yang merupakan perushaan produksi tersukses di dunia -- yang didirikan oleh George Lucas, sutradara film Star Wars. Setelah melewati proses seleksi selama 6 bulan, Andre akhirnya di terima -- namun penempatannya hanya di Lucasfilm Singapura. Hal itu dikarenakan ijazahnya yang hanya diploma -- dan tak memenuhi kualifikasi untuk bertugas di Lucasfilm Amerika yang mensyaratkan gelar Sarjana. Namun tak menutup kemungkinan, kalau hasil kerjanya bagus -- dia akan ditempatkan di tempat kerja impiannya yaitu di Amerika Serikat.

Andre merasa sangat senang bekerja di perusahaan tersebut, karena bidang yang dikerjakan sangat sesuai dengan passionnya yaitu industri digital animasi. Jadinya dia tak pernah mengeluh ketika disuruh lembur ataupun kerja pas hari libur. Bahkan dia sangat senang dan bersemangat ketika disuruh untuk kerja dengan porsi yang lebih banyak. Mungkin ini yang disebut hobi yang dijadikan profesi -- sehingga kita mencintai profesi kita.

Melalui Lucasfilm, Andre telah mengerjakan banyak proyek animasi film-film besar, seperti Transformer 3D, Iron Man, Indiana Jones, Star Trek, dan Terminator. Kita tentunya tidak menyangka ada orang hebat dibalik teknologi animasi yang luar biasa dari film-film tersebut -- dan orang itu adalah orang Indonesia. Tentunya ini bisa jadi kebanggaan tersendiri bagi kita semua.

Perlu sobat-sobat ketahui, saat ini Andre telah mendirikan usaha sendiri di bidang Digital Animation & Computer Graphic bernama Inspire Studio yang bermarkas di Indonesia. Bagi sobat-sobat yang memiliki passion yang sama dengan mas Andre -- bisa saja melamar kerja di tempat ini.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga menginspirasi!


Baca Juga

Back to Top

Cari Artikel

Artikel Terbaru